29.10.15

Cara Penulisan Daftar Pustaka

     Daftar pustaka memuat semua referensi atau karya tulis ilmiah lain yang digunakan oleh penulis sebagai sumber acuan. Fungsi daftar pustaka antara lain untuk : (1) membantu pembaca dalam mengamati ruang lingkup karya tulis ilmiah, (2) membantu pembaca dalam mengamati sumber informasi yang lebih lengkap dan kutipan yang telah digunakan, serta (3) membantu pembaca dalam memilih referensi dan materi dasar untuk studinya.

     Penulisan daftar pustaka dapat dilakukan dengan format tertentu. Format daftar pustaka yang dianjurkan untuk digunakan dalam penulisan karya tulis ilmiah yaitu: (1) format Author-Date-Page (ADP) (2) Format Author – Page (AP), dan (3) Format Chicago. Format lain yang juga sering digunakan penulis untuk menuliskan daftar pustaka adalah format Author – Date (AD) yang dikenal dengan American Psychological Association (APA). Dasar penulisan seluruh format tersebut adalah sama, yaitu terdiri dari 3 bagian.

Penulisan Daftar Pustaka Format ADP/AP/Chicago
  
     Penulisan daftar pustaka dengan format ADP/AP/Chicago memuat:
  • Nama penulis dimulai dengan nama kedua (nama keluarga), diberi tanda koma, baru diikuti nama pertama. Daftar pustaka diurut menurut alfabet berdasarkan huruf pertama dari nama keluarga penulis pertama. Bila penulis terdiri dari 2 atau 3 orang, nama penulis kedua dan ketiga disusun sesuai dengan nama aslinya. Namun apabila penulis lebih dari 4 orang, maka setelah nama penulis pertama dicantumkan huruf et.al. atau dkk.
  • Judul tulisan seluruhnya diberi garis bawah atau ditulis dengan huruf miring. Judul tulisan dicantumkan sesuai dengan aslinya, dan setiap huruf pertama dari judul dimulai dengan huruf kapital, kecuali kata penghubung. Apabila ada subjudul, maka subjudul tersebut dipisahkan dari judul utama dengan tanda titik dua.
  • Data penerbit dimulai dengan mencantumkan nama tempat/kota penerbit, diikuti dengan nama penerbit dan tahun penerbitannya. Antara kota penerbit dan nama penerbit dipisahkan dengan tanda titik dua, sedangkan antara nama penerbit dan tahun penerbit dipisahkan dengan tanda koma.
Contoh: Saanders, Donald H. Statistics: A Fresh Approach. Singapore: Mc. Graww-Hill, 1990.
             Saanders, Donald H. Statistics: A Fresh Approach. Singapore: Mc. Graww-Hill, 1990.

Penulisan Daftar Pustaka Format AD/APA
 
    Format Author – Date (AD) dikenal juga dengan format American Psychological Association (APA). Penulisan daftar pustaka dengan format ini dimulai pada batas ketikan kiri, sedangkan baris kedua dimulai pada ketukan keempat. Ciri lain dari penulisan daftar pustaka format ini yaitu:
  • Nama penulis ditulis dengan mencantumkan nama keluarga, diberi tanda koma dan diikuti dengan inisial nama pertama. Untuk nama penulis yang terdiri dari 2 orang atau lebih, penulis pertama ditulis dengan mencantumkan nama keluarga, diberi tanda koma dan diikuti inisial nama pertama. Penulis selanjutnya juga ditulis terlebih dahulu nama keluarganya, kemudian inisial nama pertamanya.
  • Judul tulisan menggunakan garis bawah atau huruf miring.
  • Tahun terbit ditempatkan setelah nama penulis. Antara nama penulis dan tahun terbit dipisahkan dengan tanda titik, dan tahun terbit ditulis di dalam tanda kurung.
  • Data penerbit ditulis dengan cara mengurutkan kota penerbit dan nama penerbit yang dipisahkan dengan tanda titik dua. 

Contoh: Saanders, D. H.(1990) Statistics: A Fresh Approach. Singapore: Mc.Graww Hill.
             Saanders, D. H.(1990) Statistics: A Fresh Approach. Singapore: Mc.Graww Hill.

2 comments:

  1. Anonymous10.5.23

    https://community.developer.cybersource.com/t5/user/viewprofilepage/user-id/64591
    https://community.khoros.com/t5/user/viewprofilepage/user-id/134726
    https://community.multitheftauto.com/index.php?p=profile
    https://community.netgear.com/t5/user/viewprofilepage/user-id/1079224
    https://community.usa.canon.com/t5/user/viewprofilepage/user-id/217253
    https://logopond.com/najlu22/profile/618320/?filter=&page=
    https://list.ly/najlu22/lists
    https://ismschools.com.au/forums/users/najlu22/

    ReplyDelete
  2. teknologi semakin berkembang

    ReplyDelete