28.10.15

Menulis Pendahuluan

     Bab pendahuluan merupakan bagian pertama yang ditulis pada bagian isi karya tulis ilmiah. Inti dari bab ini memuat penjelasan terhadap diperlukannya penulisan karya tulis ilmiah, sehingga secara umum bab pendahuluan berisi tentang latar belakang penulisan, perumusan masalah yang akan dikembangkan dalam penulisan serta tujuan dan manfaat penulisan karya tulis ilmiah. Penjelasan bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut:

1. Latar belakang, merupakan penjelasan tentang hal-hal yang mendorong timbulnya masalah yang menjadi topik karya tulis. Dalam latar belakang diungkapkan kondisi dan situasi eksternal dan internal, hal-hal yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung, serta keadaan yang menimbulkan masalah. Uraian dalam latar belakang biasanya bersifat kronologis.
2. Perumusan masalah, diawali dengan identifikasi masalah pokok yang akan dibahas dalam tulisan. Setelah dilakukan identifikasi masalah serta cakupan yang akan dipilih sebagai batasan area topik, masalah tersebut diuraikan dalam bentuk rumusan, yang biasanya berbentuk kalimat tanya.
3. Tujuan dan manfaat karya tulis ilmiah, merupakan pernyataan yang mengungkapkan hal-hal yang akan diperoleh pada akhir karya tulis atau studi yang dilakukan dan manfaatnya. Ketercapaiannya tujuan dirumuskan oleh kesimpulan. Adapun manfaat karya tulis ilmiah dapat diungkapkan dengan menguraikan kegunaan bagi diri sendiri, orang lain, lembaga, negara atau kontribusinya terhadap pengembangan ilmu, pengetahuan dan teknologi.

No comments:

Post a Comment