29.8.10

Kendala pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia

           Pelaksanaan otonomi daerah di negara kita terlihat masih mendapat beberapa kendala seperti:
* Kurangnya kemampuan Pemerintah Daerah dalam menjalankan pemerintahan secara otonom. Banyak daerah salah dalam menerapkan strategi pembangunan, daerah terkesan tidak mampu mengelola keuangan dan melakukan manajemen pembangunan dengan baik. Banyak proyek pembangunan yang mubazir dan tumpang tindih.

* Lemahnya fungsi wakil rakyat. Wakil rakyat di daerah juga tidak memiliki kapabilitas sebagai anggota dewan. Sistem rekruitmen yang tidak jelas dan apatisme masyarakat dalam melakukan pemilihan mengakibatkan banyak wakil rakyat yang tidak memiliki kemampuan memadai untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Korupsi yang dilakukan anggota dewan, tarik ulur peraturan daerah dan kebijakan yang hanya sebatas peningkatan gaji danberbagai tunjangan untuk diri mereka sendiri menjadi contoh lemahnya fungsi wakil rakyat.

* Banyak juga pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah tidak berjalan sinergis dengan apa yang dilakukan pemerintah pusat. Tidak adanya koordinasi, perbedaan konsep dan egoisme daerah mengakibatkan tumpang tindih dan pertentangan dalam pembangunan dan peraturan antara pusat dan daerah.

4 comments: