2.9.10

Penggunaan multimedia dalam penyajian karya tulis ilmiah

           Yang dimaksud dengan multimedia pada umumnya berupa progam yang tidak hanya berisi tulisan, tetapi juga mengandung suara dan gambar. Jadi walaupun hanya dengan program Powerpoint, sebenarnya unsur suara dan gambar, baik diam maupun bergerak, sudah dapat juga ditampilkan.

           Pemanfaatan multimedia dalam penyajian lisan bukanlah merupakan hal yang baru. Teknik multimedia melibatkan penggunaan berbagai tipe media, seperti: teks, grafis, suara, animasi, dan video yang diintegrasikan dan diadaptasikan dalam bentuk digital. Dalam hal ini digunakan teknologi komputer untuk mengubah sumber-sumber media berupa teks, angka, suara, dan video ke dalam bentuk digital untuk selanjutnya ditampilkan pada layar komputer.

           Selanjutnya, tentu saja dengan memanfaatkan multimedia dalam penyajian karya ilmiah akan memberikan banyak manfaat, tidak saja bagi penyaji tetapi juga bagi peserta. Bagi penyaji, dengan multimedia ia dapat memberikan informasi yang lebih komprehensif tentang apa yang disajikan. Untuk bagian-bagian tertentu yang membutuhkan penekanan, maka penggunaan suara dan gambar akan banyak menolong. Sementara bagi peserta dengan melihat multimedia maka informasi yang diperolehnya lebih aktual dan kontekstual, misalnya penyaji menyampaikan suatu proses dalam bentuk video maka proses itu dapat dilihat secara nyata oleh peserta.

           Penyajian dengan multimedia mungkin juga akan membuat penyajian menjadi lebih menarik, bagi penyaji bisa juga menjadi penuntun dalam menyajikan data, sehingga tidak ada hal-hal yang mungkin akan terlewat jika disajikan secara lisan (tanpa teks).

           Pembuatan multimedia secara umum dapat dilakukan dalam dua teknik: pertama dengan menggunakan antara lain perangkat lunak Microsoft PowerPoint yang terdapat pada perangkat lunak Microsoft Office. Kedua dengan mengombinasikan sistem multimedia. Pada cara pertama hanya digunakan satu jenis perangkat lunak dan perangkat keras. Saat ini cara yang pertama paling sering diaplikasikan karena bersifat praktis dan mudah dibuat.

No comments:

Post a Comment