9.10.15

Karya Ilmiah Populer

Karya ilmiah populer adalah tulisan yang bersifat ilmiah, tetapi sekaligus ditulis dengan cara penuturan yang mudah dimengerti.karya ilmiah popular lebih ditujukan untuk masyarakat umum, sedangkan karya ilmiah ditujukan untuk kalangan profesional. Bentuk karya tulis yang merupakan karya ilmiah adalah: laporan praktikum atau laporan buku, kertas kerja/makalah, skripsi, tesis, disertasi dan textbook


Karya Ilmiah Populer memiliki ciri – ciri seperti:
- berisi fakta empiris yang sudah teruji dan dapat diuji kebenarannya
- tidak subjektif
- tidak mengandung unsur spekulatif dan bersifat sensasional
- memperlihatkan kerja nalar dan bersifat analitis
- mampu menjelaskan 'mengapa' dan 'bagaimana' sesuatu yang disajikan itu terjadi
- bahasan tidak menyimpang atau melebar dari pokok/tema tulisan.

Karya ilmiah populer dapat berbentuk deskriptif- naratif, deskriptif ekspositoris atau deskriptif-argumentatif. Karya ilmiah populer yang berbentuk Deskriptif-naratif biasanya bersifat ringan, tidak membutuhkan rasa penasaran pembaca dan dapat dinikmati (dibaca) secara rileks. Contohnya tulisan di koran, majalah wanita, majalah keterampilan.

Karya ilmiah populer yang berbentuk deskriptif-ekspositoris biasanya menyuguhkan kupasan tulisan yang lebih mendalam. Contohnya: riwayat penemuan atau sejarah terjadinya sesuatu secara historis, atau proses pembentukan sesuatu. Berisi juga tentang penjelasan yang berkenaan dengan 'Mengapa..?' dan 'Bagaimana..?'. Banyak ditemukan pada majalah Intisari, Tempo, Trubus.

Karya ilmiah populer yang berbentuk deskriptif-argumentatif biasanya menyuguhkan masalah yang diikuti dengan cara pemecahan masalahnya.Misalnya: Jurnal Ilmiah populer.

No comments:

Post a Comment