04 April, 2011

Keputusan - keputusan dalam manajemen keuangan

            Ada beberapa keputusan yang harus diambil dalam manajemen keuangan:
1. Investment decision, yaitu keputusan terhadap aktiva apa yang akan dikelola perusahaan.

2. Financing decision,yaitu keputusan yang berkaitan dengan penetapan sumber dana yang diperlukan dan penetapan perimbangan pembelanjaan yang terbaik (struktur modal yang optimal).

3. Assets management decision, yaitu keputusan yang berkaitan dengan penggunaan dan pengelolaan aktiva (kata bijak: lebih mudah membangun daripada mengelola).

Ambil contoh misalnya usaha penyewaan mobil.

Pertama- tama tentu akan diputuskan asset yang akan dikelola yaitu mobil yang akan disewakan(Jenisnya, jumlahnya dll). Ini merupakan "investment decision"

Kedua, bagaimana cara mendapatkan mobil tersebut. Apakah mebeli baru/ bekas, darimana uangnya: berapa modal sendiri yang dipunyai, perlukah mencari rekan kerja untuk menambah modal, apakah pinjam di bank dll, yang diharapkan menemukan struktur modal yang baik( tentu kalau bisa semuanya modal sendiri, tapi terkadang itu sulit). Ini merupakan "financing decision."

Selanjutnya ketika mobil sudah bisa didapatkan. Bagaimana perawatannya? Berapa anggaran yang mesti disiapkan untuk manajemen resiko dan perawatan mobil (biaya bengkel, asuransi dll). Ini merupakan "assets management decision"

1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    BalasHapus