6.9.10

Pendapat Umum dalam Sistem Komunikasi Indonesia

           Dalam negara demokrasi, pendapat umum merupakan faktor yang berpengaruh pada sistem output dan input penentuan kebijakan nasional.. Bahkan pendapat umum merupakan salah satu kekuatan sosial yang perlu diperhitungkan. Peranan pendapat umum juga berpengaruh terhadap kehidupan politik dan sistem politik serta mempengaruhi berlangsungnya proses sosial.

         Pendapat umum nasional adalah pendapat umum yang diberi predikat nasional untuk menentukan karakteristik nasional tertentu Menurut Cutlip dan Center, pendapat umum baru mempunyai arti apabila dihubungkan dengan struktur kekuasaan. Sehingga pendapat umum nasional tidak terlepas dari struktur kekuasaan dalam suatu masyarakat negara. Distribusi kekuasaan merupakan probabilitas efektif untuk terwujudnya opini publik atau pendapat umum nasional.

         Tumbuhnya opini publik nasional disebabkan oleh faktor faktor kepentingan nasional, harga diri nasional, keamanan nasional, solidaritas nasional dan ideologi nasional. Sedangkan dilihat dari kompetensinya, opini publik nasional akan dapat :
a. memperkuat undang-undang, sebab setiap undang-undang tanpa dukungan pendapat umum nasional hanya merupakan huruf-huruf mati.
b. Memberi kekuatan hidup bagi badan-badan dan lembaga-lembaga sosial
c. Merupakan kekuatan pokok yang menghidupi dasar-dasar sosial
d. Mendukung moral utama dalam masyarakat negara.

         Pendapat umum nasional bisa melintasi memasuki negara nasional lain sehingga menjadi penyebab terjadinya opini publik internasional. Sehingga pendapat umum nasional merupakan unsur terwujudnya pendapat umum internasional. Dalam perkembangan suatu bangsa, pendapat umum internasional pada saat-saat tertentu akan menjadi faktor pendorong ke arah peningkatan kemajuan negara yang bersangkutan di mana setiap negara tidak akan dapat mengisolir diri dari pengaruh dunia luar dimana antara satu negara dengan negara lainnya akan terdapat interdependensi internasional dalam berbagai kehidupan negara yang meliputi bidang-bidang ekonomi, sosial-budaya maupun politik.

No comments:

Post a Comment