26.8.10

Proses manajemen

           Proses manajemen merupakan suatu alat dimana seorang manager melaksanakan manajemen. Pertama adalah perencanaan (Planning). Seorang manajer harus terlebih dahulu mengetahui apa yang ingin dikerjakan, menentukan tujuan dan cara untuk mencapai tujuan tersebut. Manager juga harus mampu melakukan analisa terhadap berbagai kemungkinan yang akan dihadapi. Menentukan langkah yang akan diambil jika nantinya akan menemukan masalah. Perencanaan yang matang akan sangat menentukan keberhasilan manajemen.


           Selanjutnya adalah pengorganisasian (Organizing). Seorang manajer harus menentukan siapa yang bertanggung jawab terhadap setiap kegiatan yang dilakukan. Menetapkan secara tepat siapa melakukan apa (The right man on the right place). Mengorganisasikan segala sumber daya yang ada sehingga kegiatan dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Tidak ada bawahan yang memiliki beban kerja yang terlalu berat atau terlalu ringan.


           Manager yang baik juga harus mampu menggerakkan bawahan (Actuating) untuk melakukan tugas perusahaan/organisasi secara baik dan dalam perasaan suka atau tidak tertekan. Terkadang diperlukan juga pengarahan sehingga bawahan memahami akan tugas yang akan dilakukannya. Kerjasama yang baik antara manager dan bawahan akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan perusahaan


           Terakhir adalah Pengawasan (Controlling). Tugas yang yang telah diberikan harus diawasi pelaksanaanya sehingga semua bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Melakukan pemantauan terhadap proses kerja, hasil ataupun masalah yang dihadapi sehingga bias dilakukan antisipasi secara cepat dan tepat seandainya ada kejadian di luar perkiraan yang telah direncanakan.


           Dengan demikian seseorang bisa dikatakan sebagai manajer jika dia melakukan kegiatan yang mencakup seluruh proses mulai Perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Di luar itu tentunya ia tidak bisa dikatakan sebagai seorang manajer. Manajer itu merencanakan, jika hanya melaksanakan saja maka ia bukanlah manajer. Manajer itu mengorganisasikan, jika hanya menerima perintah saja maka ia bukanlah manajer,dll.


           Apakah manajemen bisa membantu keberhasilan kegiatan manusia? Menurut saya, Ya. Manajemen bisa membantu memberikan keberhasilan bagi kegiatan manusia. Dalam suatu perusahaan manajemen mutlak harus dilakukan, demikian pula dalam suatu organisasi. Bahkan dalam kegiatan individu/ perseorangan prinsip – prinsip manajemen akan sangat membantu keberhasilan kegiatan manusia. Setiap kegiatan akan lebih memungkinkan untuk berhasil jika telah dilakukan perencanaan yang matang, pengorganisasian sumber daya, tenaga ataupun waktu, pemberian dorongan kerja dan juga pengawasan terhadap kegiatan yang dilakukan.

No comments:

Post a Comment